Selasa, 12 April 2011

MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Gelisah merupakan suatu perasaan yang tidak tenang atau tidak mengenakan yang sedang kita rasakan. Gelisah tergolong penyakit batin, istimewanya penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dari golongan apa, dan bangsa apapun. Bila dibandingkan dengan rasa takut, daerah operasionalnya lebih luas. Sebab orang yang pemberani, tak mungkin diserang rasa takut, atau orang yang mempunyai obat penangkal takut tidak akan dijamahnya. Contohnya : orang yang tidak pernah melakukan perbuatan salah sudah pasti tidak akan takut dituntut. Begitu pula orang yang kaya, pasti tidak akan takut kelaparan, dan sebagainya. Tetapi walaupun benar,kaya, pandai, jujur, dan sebagainya.pasti akan terlanda perasaan gelisah.
Betapapun siapnya seorang mahasiswa, pasti masih akan merasa gelisah bila akan menghadapi ujian. Apalagi bila ujian sudah akan diumumkan hasilnya, betapapun ia tahu akan lulus, namun perasaan gelisah tetap menghantuinya.
Tentu merupakan kebahagiaan yang tak terhingga nilainya. Mengapa, sebab gelisah merupakan siksaan bagi yang mengalaminya. Duduk tak tenang, makanpun tak enak, tidur tak lelap, sungguh merupakan siksaan yang sulit dilukiskan dengan kata- kata.
Jawaban yang paling tepat adalah kita kembali pada “iman”. Sebagai orang yang beriman kita kembalikan kepada Tuhan, sebab sudah pasti hanya kepada-NYA semua perkara kita kembalikan.
Sumber :
http://www.scribd.com/doc/30390466/Manusia-Kegelisahan-Dan-Harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar