Sabtu, 02 April 2011

"Keindahan"

Kata keindahan berasal dari kata indah, menurut The Liang Gie dalam bukunya “ Garis besar Estetika”. Menurut asal katanya, dalam bahasa inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful” dalam bahasa Perancis “Beau”, sedangkan Italia dan Spanyol “Bello” berasal dari kata Latin “bellum”. Akar katanya adalah “Bonum” yang berarti kebaikan, kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “ Bonellum” dan terakhir di perpendek sehingga di tulis “bellum”
Indah sama artinya dengan keren, menarik,bagus, elok, cantik dan lain-lain. Keindahan memiliki pengertian yang luas, menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kwalita abstrak dan sebuah benda yang indah. Untuk perbedaan ini dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah beauty (keindahan) dan the beautiful(benda atau hal yang indah). Dalam n pembatasan filsafat kedua pengertian itu kadang-kadang di campuradukan. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian, yakni :
a. Keindahan dalam arti yang luas
b. Keindahan dalam arti estetis murni
c. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan.
Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa yunani dulu yang didalamny tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenagkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara pula mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal pengrtian keindahan dalam arti estetis yang disebutnya ‘symmetria’ untuk keindahan berdasarkan penglihatan (misalnya pada karya pahat dan arsitektur) dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran (music).
Salah satu jawaban mencari cirri-ciri umum yang ada pada semua benda yang di anggap indah dan kemudian menyamakan cirri-ciri atau kwalita hakiki itu dengan pengertian keindahan.jadi keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kwalita pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kwalita yang paling sering disebut adalah kesatuan (unity), keselarasan (harmony), kesetangkupan (symmetry), keseimbangan (balance) dan perlawanan (contrast).
Dari ciri itu dapat diambil kesimpulan, bahwa keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebaikan dari garis , warna, bentuk, nada dan kata-kata.

daftar pustaka : -http://gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar