Selasa, 11 Juni 2013

Respon Masyarakat Terhadap Twiitter SBY

Untuk lebih mendekatkan diri dan mengetahui keluh kesah rakyat Indonesia Presiden SBY menggunakan perantara media social yaitu twitter dengan akunya @SBYudhoyono. Akun ini resmi diluncurkan pada 13 April lalu.
Respon masyarakat atas akun tersebut sangat sangat besar, ini bisa kita lihat dari antusias masyarakat yang memfollow akun tersebut. Dalam dua hari saja followernya sudah mencapai 700.000-an, dan follower bisa terus meningkat.  Dipilihnya twitter sebagai media social adalah karena besarnya peran media social untuk berkomunikasi dengan bebas tanpa distorsi.

Sebelumnya menggunakan twitter Presiden SBY juga menerima SMS dan Surat untuk berkomunikasi dengan rakyat.  Antusias rakyat juga besar dalam dua pekan SMS yang masuk mencapai 3,5 juta SMS, sedangkan untuk surat yang masuk mencapai 115 ribu setiap dua pekan.

Dari tanggapan yang masuk, baik dari SMS, Surat maupun dari twitter sudah barang tentu ada yang pro dan kontra terhadap kinerja SBY. Menanggapi jika ada kritikan keras dan kasar Presiden SBY tidak mempersalahkan karena itu adalah bagian dari demokrasi. Yang terpenting adalah subtansinya.  Sehingga ada komunikasi dari bawah ke atas, yaitu dengan saling berbagi, saling menyapa dan saling menyampaikan pandangan.

Besarnya antusias masyarakat terhadap Presiden SBY merupakan suatu babak baru dalam demokrasi di Indonesia. Dimana setiap masyarakat bisa dan dapat mengirimkan kritikan, saran, gagasan dan unek-unek lainnya langsung kepada Presiden. Sehingga dengan adanya komunikasi tidak langsung ini bisa membawa dampak yang positip terhadap demokrasi di Negara kita.

Saya sangat mengapresiasikan tindakan SBY untuk lebih mengenal dekat dengan rakyatnya melalui bantuan media social. Melalui twitter kita bisa mengetahui apa saja mengenai kinerja dari Presiden secara update. Kita bisa memantaunya setiap hari dan kita juga bisa memberikan tanggapan maupun kritik tentang pemberitaan yang menurut kita tidak sesuai atau tidak pro rakyat.


http://myzone.okezone.com/content/read/2013/04/15/10124/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar